本文へスキップ

〒399-0214 長野県諏訪郡富士見町落合11100番地

TEL:0266-62-3030(代表) 
FAX:0266-62-5188(代表)
 

予約センター:0266-61-0489(直通)



                    ホームKabar Dari Jepang ……Selamat Siang…
看護師
Japanese>>
Berdasarkan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Jepang-Indonesia (EPA), Fujimi Kougen Medical Center telah menerima tenaga profesional muda Perawat dan Perawat Lansia dari Indonesia. Tenaga Profesional Perawat dan Perawat Lanjut Usia ini diharapkan bisa menerapkan ilmu dan pengalaman serta ketrampilan mulai dari perawatan medis modern sampai dengan perawatan Lansia yang telah didapatkan nantinya di Indonesia. Kami akan memperkenalkan salah satu staf kami tenaga Perawat Profesional dan Perawat Lansia yang telah berhasil mendapatkan lisensi dalam Ujian Negara Keperawatan dan Keperawatan Lansia di Jepang.

Pusat Kesehatan dan Keperawatan Lansia “Araragi”
Ayatullah El Manik Nurulhuda (Perawat Lansia)

 

Datang pada tahun 2011 untuk bekerja di Pusat Perawatan Lansia
  "Araragi". Sebelumnya Ia bekerja pada sebuah rumah sakit sebagai
perawat di Indonesia. “Selama bekerja sambil belajar di Araragi,
staf Araragi membimbing dan mengajari saya dengan baik dan ramah
sehingga saya sangat bersyukur sekali bisa cepat lulus dalam
Ujian Negara Keperawatan Lansia di Jepang”.
      Fasilitas kesehatan Lansia tempat saya bekerja adalah fasilitas yang membantu Lansia yang membutuhkan perawatan dan dukungan sehingga dapat kembali ke rumah. Dengan umur harapan hidup rata-rata di Jepang 83 tahun, dukungan terhadap kebutuhan dasar dan aktifitas sehari-hari mulai dari bangun hingga tidur sangat diperlukan yang mana aktifitas tersebut didalamnya terhubung dengan aktifitas rehabilitasi dan rekreasi. Pencatatan dan Asuhan Perawatan Lansia juga mutlak diperlukan. Di dalam aktifitas rekreasi terkadang kita juga menyanyikan lagu-lagu tradisonal Jepang. “Saya suka lagu Ringo no Uta dan Aoi Yama”.
  Terdapat perbedaan dalam perawatan Lansia di tempat saya bekerja di Indonesia sebelumnya dengan fasilitas dimana tempat saya bekerja sekarang. Di tempat kerja sekarang lebih banyak menghadapi Lansia secara personal dan menyeluruh sehingga terbentuk menjadi suatu hubungan keluarga bukan lagi hubungan anatara petugas dan pasien. Saya berharap pengalaman ini nantinya dapat saya terapkan dan saya tularkan di tanah air khususnya pada lembaga pendidikan profesional keperawatan.
  Pada hari libur saya lebih banyak menghabiskan waktu dengan bermain game Nintendo 3DS Monster Hunter yang juga banyak orang Jepang yang menyukainya, disanalah saya juga menemukan banyak teman dan bisa belajar Bahasa Jepang. Fasilitas tempat ibadah dan kebebasan dalam beribadah pun sangat dihargai meskipun Negara Jepang mayoritas tidak beragama tetapi percaya terhadap Tuhan merupakan salah satu budaya yang ada dalam kultur masyarakat Jepang

 

Rumah Sakit Fujimi Kougen Pusat Bedah Sentral/OK
Andi Prasetyo, RN (Kangoshi)

 Lahir di Kota Trenggalek Jawa Timur, tiba di Jepang tahun 2009
 dan telah lulus Ujian Negara Keperawatan pada tahun 2012.
Untuk bisa lulus dan belajar bahasa Jepang “Disamping belajar
di Sekolah Bahasa Jepang saya juga berusaha untuk aktif
berkomunikasi dengan staf dimana tempat saya bekerja juga
masyarakat di Fujimi, masyarakat disini sangat ramah”.
 “Saya bekerja di Ruang Bedah sentral yang mana sebelumnya
saya juga mempunyai pengalaman yang sama bekerja di Ruang Operasi di salah satu Rumah Sakit di Indonesia. Dari pengalaman yang pernah saya dapat di Indonesia sebelumnya ada beberapa hal yang baru yang bisa saya dapatkan khususnya pada orientasi Pre Operasi pada pasien yang terperinci. Penjelasan dan orientasi Pre Operasi sangat diperlukan bukan hanya dalam segi teknis terhadap proses operasi yang akan dilakukan kepada pasien nantinya, tetapi juga sangat berpengaruh terhadap psikologis dan kondisi mental pasien. Dalam hal ini kami telah melakukan penelitian dan hasilnya telah kami presentasikan dalam Penelitian Rural Medis di salah satu Universitas di Nagano Prefecture”. 
Di hari libur biasanya saya pergi belanja bersama dengan istri yang juga bekerja di Rumah Sakit yang sama di bagian Instalasi Perawatan Orthopedi juga bersama dengan teman-teman Indonesia yang lain. Satu bulan sekali makanan Halal juga bisa kami dapatkan disini.

インドネシア看護師     

Di Jepang sekarang telah mengalami
proses yang disebut sebagai masyarakat
lansia dimana hampir 23% dari total
penduduk Jepang berusia lanjut usia.
Umur Lansia di Nagano khusunya tempat
kami bekerja menduduki peringkat
pertama di seluruh Jepang. Dan tidak
jarang pasien yang menjalani operasi
berusia lebih dari 90 tahun. Sistem
asuransi kesehatan nasional dan sistem
perawatan kesehatan yang diyakini
menjadi salah satu faktor masyarakat di
Jepang bisa mempunyai umur panjang.
Saya berharap pengetahuan dan pengalaman yang saya dapatkan dapat saya terapkan dan bermanfaat nantinya setelah saya kembali ke tanah air nantinya.

Musim semi di Jepang identik dengan Sakura, musim gugur identik dengan Kouyou (daun menguning), dan tentunya musim dingin adalah salju yang mana disetiap pergantian musim di Jepang mempunyai pemandangan yang indah dan menarik. Fujimi Kougen Medical Center terletak di dataran tinggi kota Fujimi Nagano Prefecture yang masih alami dan bisa sekaligus terlihat Gunung Fuji secara apik. Bisa ditempuh 2 jam perjalanan dari Tokyo dengan kereta dan 8 menit dari stasiun Fujimi.
Selain tenaga Profesional dari Indonesia tenaga profesinal dari Vietnam juga telah tiba di Fujimi untuk bersama-sama bekerja dan mempelajari perawatan medis di Jepang.

mail kontak mail(contact mail)  epa.fujimi@fujimihp.com